RSS

Halaman

Infected Individual dan Infected Agent and Host

Apa yang dimaksud dengan infected individual???
Infected individual merupakan suatu tempat berdiamnya agent penyakit menular yang dapat menimbulkan gejala yang nyata ataupun dalam bentuk infeksi tidak menunjukkan gejala klinis atau yang biasa disebut asymptomatik.
Infected individual dapat berstatus manusia ataupun hewan yang dapat menularkan salah satu agent penyakit yang secara alami ia peroleh, yaitu dengan masuknya mikro organisme patogen dari lingkungan ke dalam tubuh pejamu. Ataupun cara infeksinya melalui perantara pejamu yang sakit ke pejamu lainnya yang belum terinfeksi.
Misalnya: Hepatitis B
Virus hepatitis B masuk ke dalam tubuh pejamu melalui makanan yang terkontaminasi dari lingkungan yang mengandung sebaran virus hepatitis B, sehingga pejamu yang baru saja terinfeksi virus hepatitis B tersebut sebagai infected individual yang secara alami agent penyakit masuk ke dalam tubuhnya.


Sedangkan infectious agent dan host???
Infectious agents dan host merupakan suatu organisme dapat menimbulkan suatu infeksi atau penyakit menular. Infectious agent dan host hanya terdapat pada infeksi penyakit menular yang ditularkan melalui perantara hewan atau manusia. Ataupuncara infeksinya melalui perantara hewan dengan manusia.
Misalnya: Malaria

Plasmodium masuk ke dalam tubuh nyamuk melalui darah yang dihisap oleh nyamuk Anopheles dari tubuh penderita malaria. Plasmodium di dalam tubuh nyamuk mulai berkembang dan ketika nyamuk menggigit manusia sehat, Plasmodium yang bercampur dengan air liur nyamuk masuk ke dalam tubuh manusia sehat, sehingga manusia tersebut dikatakan terinfeksi agent malaria.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar