RSS

Halaman

Ikan Baik Dikonsumsi Ibu Hamil

26/03/2011 13:04 | Info Kesehatan

Liputan6.com, New York: Banyak mengonsumsi ikan baik untuk kecerdasan anak. Ikan mengandung asam lemak omega-3, yang dibutuhkan bagi otak, mata, dan sistem saraf pusat. Makan ikan yang kaya nutrisi dapat mengurangi risiko terpapar penyakit jantung.

Omega-3 mengandung asam eicosapentaenic (EPA) dan asam docosahexanoic (DHA). Banyak penelitian langsung mengaitkan bahwa ikan sangatlah bermanfaat bagi ibu menyusui karena dapat meningkatkan perkembangan memori dan kinerja pada anak-anak sampai usia tiga tahun.

bagi Ibu hamil penting untuk mengetahui jumlah porsi ikan yang dikonsumsi dan jenis ikan yang dianggap aman dimakan, sebagaimana dikutip dari laman Health.com. Berikut tips makan ikan yang dapat memantik manfaat omega-3 bagi kesehatan:


 
Pertama, makanlah ikan sebanyak 12 ons per minggu selama kehamilan Anda. Jenis ikan yang kaya akan kandungan Omega-3 antara lain salmon, hering, cod, dan telur.

Kedua, ada anggapan bahwa makan ikan ikan hiu dan ikan pedang beresiko terkontaminasi merkuri. Mengonsumsi mmakan ikan jenis ini dapat menyebabkan keracunan neurotoxin, yang bisa berbahaya bagi siapa saja, terutama bagi bayi.

Ketiga, ikan bukan satu-satunya pilihan. Jenis makanan yang mengandung omega-3, yakni kenari, butternut, beechnut, dan granola. Selain itu ada produk-produk susu yang baik untuk dikonsumsi, seperti keju mozzarella dan susu (atau lemak susu 3,25 persen).

Keempat, Omega-3 juga ada dalam buah-buahan dan sayuran seperti stroberi, blackberry, blueberry, jambu biji, lemon mentah (dengan kulit), kacang, kembang kol, selada, kecambah, brokoli, biji lobak dan bayam. Rempah-rempah yang kaya omega-3, yakni kemangi segar, oregano kering, cengkeh, dan minyak canola. (Ant/ARI)

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar